1.Elemen pada Microsoft Excel
Pada saat Anda memulai Excel 2010, akan muncul sebuah dokumen kosong.
Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data,
meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file
bantuan Excel.
Komponen-komponen terpenting Excel 2010, yaitu jendela workbook, ikon
menu kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size button,
name box, area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet,
baris status, dan zoom.
Gambar Bagian-bagian Lembar Kerja Excel 2010
a. Ikon Menu Kontrol
Ikon menu kontrol Excel 2010 hampir sama dengan excel 2010 dan sangat
berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk
mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2010, isi perintah-perintah ikon
menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik,
sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.
Gambar Tampilan kotak dialog ikon menu kontrol aplikasi Excel 2010
1.New, yang dilambangkan dengan simbol merupakan perintah untuk
menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru.
Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik
pada ikon ini.
2.Open, disimbolkan dengan lambang merupakan perintah untuk membuka
dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk,
CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
3.Save, merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007
yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah
tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media
simpan lainnya.
4.Save As, tombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan
perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila
diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar
berikut.
Gambar Sub tab menu Save As aplikasi Microsoft Excel 2010
Keterangan:
•Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.
•Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar
kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan
lembar kerja ke format lain.
•Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
•Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam
format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga
2003.
•Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk
mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke
bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
•Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa
b. Quick Access Toolbar
Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah
kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk
ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda
perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.
c. Baris Tab
Lingkungan kerja Excel 2010 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft
Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris
judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul
tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.
d. Size Button
Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2010 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
•Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim
ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di
taskbar.
•Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
•Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar.
•Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.
e. Name Box
Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.
f. Formula Bar
Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).
Keterangan:
1.Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
2.Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
3.Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.
g. Kolom
Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).
h. Baris
Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).
i. Scroll Bar
Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.
1.Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.
2.Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
j. Tombol Navigasi Sheet
Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.
k. Baris Status
Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.
l. Zoom
Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.
2. Menu Tab
Lembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan
untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut
adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View.
Di setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.
a. Toolbar
Toolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat
proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini dikenal
dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah
pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.
1) Tab Home
Tab home berisikan perintah-perintah standar (dasar). Elemen tab Home terdiri dari submenu berikut.
a) Clipboard. Kegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/
menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam
submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).
b) Font. Submenu Font terdiri dari kumpulan beberapa tombol seperti pada tabel berikut.
c) Alignment. Submenu Alignment terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.
d) Number
e) Styles
f) Cells
g) Editing
2) Tab Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar
kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik,
membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari
komponen-komponen sebagai berikut.
a) Tables
Nama dan fungsi submenu Tables terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
b) Illustrations
Nama dan fungsi submenu Illustrations terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.
d) Text, digunakan untuk membuat tex box, menyisipkan header and footer,
membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.
e) Link, Digunkan untuk menyisipkan Link pada Lembar kerja
3) Tab Page Layout
Tab page Layout digunakan untuk mengatur data, bagian dari tab ini adalah sebagai berikut.
a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.
b) Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin),
model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas (size),
mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan halaman (page
break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul tabel.
c) Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.
d) Sheet Option, digunakan untuk menampilkan garis bantu serta heading suatu data.
e) Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.
4) Tab Layout Arrange
a) Tab Formula
digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).
b) Tab Data
Tab data digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh data. Pada
bagian Sort dan Filter digunakan untuk mengurutkan dan
memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk membuat
teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses grup
dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.
c) Tab Review
Tab Review digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).
d) Tab View
Tab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran
tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar
kerja.
3. Menambahkan Ikon atau Menu pada Quick Access Toolbar
Dalam penggunaan Excel 2010 kita membutuhkan tool-tool untuk
menyelesaikan pekerjaan Excel agar akses dan eksekusi data menjadi lebih
cepat. Namun, tidak jarang tool-tool yang sering dibutuhkan belum masuk
ke dalam tab.
Anda dapat memasukkan tombol-tombol perintah tersebut ke dalam Quick Access Toolbar dengan cara sebagai berikut
1.Klik tombol combo box pada baris Quick Access Toolbar
2.Berilah tanda (√) di depan pilihan tombol tersebut.
Jika ternyata dalam pilihan combo box tidak terdapat tool-tool yang kita
butuhkan, kita dapat mengakses dan sekaligus memasukkan ke dalam Quick
Access Toolbar dengan cara berikut.
1) Klik tombol combo box pada access toolbar.
2) Pilih dan klik pada pilihan perintah More commands.
3) Pilihlah salah satu tombol yang diinginkan, masukkan ke dalam kotak pilihan Quick Access Toolbar.
4. Menggunakan menu dan ikon dalam Microsoft Excel 2010
Menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Excel 2010 mempunyai fungsi
sesuai uraian materi sebelumnya. Penggunaan beberapa menu dan ikon yang
terdapat pada Microsoft Excel 2010 akan dibahas pada uraian
berikut.Selanjutnya, Anda dapat mempelajari lebih mendalam tentang
penggunaan menu dan ikon pada materi Penggunaan Microsoft Excel 2010
untuk Menghasilkan informasi
a. Menyimpan lembar kerja Excel
Lembar kerja Excel yang sudah jadi perlu diamankan agar tidak hilang,
yaitu dengan cara disimpan ke hardisk atau disket terlebih dahulu.
Lembar kerja yang terdapat dalam sebuah workbook akan disimpan dalam
file Excel, cara menyimpan workbook dengan menggunakan ikon adalah
sebagai berikut.
1) Klik ikon pada quick access toolbar.
2) Setelah masuk ke kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder untuk menyimpan lembar kerja di dalam kotak pilihan Save in.
3) Isikan nama file sesuai dengan keinginan di kotak isian file name
dengan cara menghapus dulu nama file default Excel. Sebagai contoh,
apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai, maka yang
harus dilakukan adalah menghapus “Book 1” kemudian ketikan “Latihan 1”.
4) Apabila Anda menginginkan file simpanan Anda dapat dibuka kembali
pada aplikasi Excel selain 2010 (misalnya di Excel 2003), maka gantilah
tipe penyimpanan pada kotak pilihan Save As Type menjadi Excel 97-2003
workbook.
atau dengan memilih Save as Type Perhatikan tampilan berikut.
5) Setelah selesai klik Save
Dari proses penyimpanan tersebut, hasil lembar kerja Excel yang Anda
simpan memiliki ekstensi xls. Berdasarkan contoh di atas, nama file yang
tersimpan menjadi Latihan 1.xls
b. Menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru
Langkah untuk menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru adalah sebagai berikut.
1.Klik tombol office button.
2.Klik Save As sehingga akan tampil kotak dialog Save As.
3.Pada kotak pilihan Save In, pilihlah folder sebagai tempat untuk
menyimpan lembar kerja Excel yang baru. Apabila Anda tidak melakukan
perubahan, maka hasil penyimpanan akan tersimpan dalam folder yang sama
dengan tempat penyimpanan file yang lama.
4.Pada kotak isian File name, isikan nama file yang baru, lalu klik save.
c. Menyimpan lembar kerja Excel yang pernah disimpan
Lembar kerja lama yang pernah disimpan dapat pula disimpan kembali
setelah Anda melakukan perubahan-perubahan. Proses penyimpanan file ini
dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
1.Dengan cara mengklik tombol office button, kemudian klik Save.
2.Dengan mengklik ikon Save ( ) pada quick access toolbar.
3.Dengan menekan tombol Ctrl + S di keyboard.
d. Menyimpan lembar kerja Excel ke dalam disket dan flashdisk
Selain penyimpanan lembar kerja di dalam hardisk, Anda juga dapat
menyimpan lembar kerja Excel ke dalam disket atau flashdisk. Cara
penyimpanan lembar kerja Excel dengan menggunakan disket atau flashdisk
adalah sebagai berikut.
1.Klik tombol office button kemudian klik Save As.
2.Pada kotak pilihan Save in pilih 3½ Floopy (A:) jika Anda akan
menyimpan ke dalam disket, namun apabila Anda akan menyimpan lembar
kerja Excel tersebut ke dalam flashdisk, maka pada kotak pilihan Save in
pilih Removable Disk (G:).
3.Ketikkan nama file lembar kerja Excel yang Anda inginkan pada kotak isian File name.
4.Apabila sudah selesai, klik tombol Save.
e. Membuka kembali lembar kerja Excel
Apabila Anda ingin membuka kembali lembar kerja Excel yang pernah
disimpan di hardisk dengan menggunakan ikon, maka caranya adalah sebagai
berikut.
1.Klik ikon pada menu office button.
2.Setelah muncul kotak dialog Open, pilih folder dan klik file yang dicari melalui kotak isian Look in.
3.Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file yang ingin dibuka.
Jika Anda akan membuka file Excel dari flashdisk caranya adalah sebagai berikut.
1.Klik ikon pada quick access toolbar.
2.Pilih Removable Disk (G:) pada kotak isian Look in.
3.Klik nama file Excel yang ingin dibuka.
4.Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file yang ingin dibuka.
f. Mengedit lembar kerja Excel
Mengedit lembar kerja Excel dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan
menggunakan mouse dan dengan menggunakan ikon. Dalam hal ini proses
editing yang dilakukan adalah memindahkan data dalam sebuah sel pada
lembar kerja Microsoft Excel. Berikut adalah cara mengedit lembar kerja
Excel dengan menggunakan mouse.
1.Blok sel pada data yang ingin dipindahkan.
2.Pada posisi data yang diblok, klik kiri mouse dan tahan.
3.Seret kursor ke sel tujuan yang diinginkan, kemudian mouse dilepaskan.
Langkah untuk mengedit lembar kerja Excel dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.
1.Blok data pada sel yang akan dipindahkan.
2.Klik ikon Cut pada tab menu Home submenu Clipboard.
3.Aktifkanlah sel tujuan untuk meletakkan data.
4.Klik ikon Paste pada tab menu Home submenu Clipboard.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar